Saturday, August 29, 2015

Obat Sakit Gigi berubang




Foto Gigi Berlubang
Cara mencegah gigi berlubang pada anak dan dewasa
Gigi adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat bermanfaat, terutama untuk proses awal percernaan makanan. Struktur gigi terdiri dari beberapa lapisan yakni, lapisan terluar adalah email gigi merupakan lapisan yang sangat keras pada gigi, lapisan dibawahnya adalah dentin atau tulang gigi dimana didalam terdapat pulpa tempat pembuluh saraf, pembuluh darah dan bagian lain yang memperkokoh gigi.
Walaupun gigi memiliki lapisan yang sangat keras, akan tetapi jika tidak di rawat dengan baik maka gigi bisa mengalami kerusakan seperti karies gigi atau gigi berlubang. Karies gigi pada awalnya akan menyerang lapisan email berupa lubang kecil halus, lama kelamaan akan terus menjalar ke dentin dan kemudian masuk ke pulpa dan menyerang
pembuluh saraf dan pembuluh darah sehingga penderita gigi berlubang akan mengalami kesakitan yang teramat sangat.
Berikut ini beberapa cara untuk mencegah gigi berlubang :
  1. Memakan makanan yang kaya akan kalsium seperti ikan dan susu dan makanan yang banyak mengandung vitamin E, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin D dan Fluor, seperti kecambah, jeruk, wortel, sayur, daging dan sebagainya.
  2. Mengurangi makanan yang manis dan lengket pada gigi seperti coklat dan es krim. Membiasakan diri berkumur setelah makan yang manis dan lengket akan membantu mencegah terjadi karies gigi atau gigi berlubang.
  3. Menggosok gigi secara teratur dan benar dengan pasta gigi yang mengandung fluor dan lebih baik jika di lakukan setelah makan, akan tetapi boleh juga di lakukan sehari 3 kali pada pagi hari, sore hari dan malam menjelang tidur.
  4. Periksakan gigi ke dokter 6 bulan sekali walaupun tidak mengalami gigi berlubang atau penyakit gigi lainnya
Artikel terkait : Tips  mencegah gigi berlubang pada anak

Untuk menjaga agar email gigi tetap keras dan kuat, email membutuhkan ion kimia yang di sebut fluor. Saat ini fluor sudah banyak di gunakan oleh produsen pasta gigi sehingga anda tidak perlu khawatir. Fluor juga banyak terdapat pada sayur-sayuran, ikan, daging, teh dan buah-buahan.
Namun jika gigi anda sudah terlanjur berlubang dan merasakan sakit yang tiba-tiba muncul dan terasa senut-senut seiring dengan denyut nadi, berikut ini hal-hal yang bisa kita lakukan saat gigi berlubang kambuh.
Obat sakit gigi berlubang
-          Minum obat penahan rasa sakit seperti paracetamol, sanmol, ponstan dan lain-lain yang sudah banyak beredar di apotik.
-          Bisa juga dengan memberikan minyak cengkeh pada lubang gigi yang sudah di bersihkan dengan menggunakan kapas dengan tujuan sebagai anestesi lokal.
-          Berkumur dengan air garam hangat, satu sendok teh garam untuk satu gelas air hangat.
-          Untuk membantu mengurangi sakit bisa dilakukan dengan mengompres bagian luar area wajah yang mengalami sakit gigi.
Gigi yang mudah terserang karies gigi adalah gigi anak, karena giginya yang lebih tipis jika di bandingkan dengan gigi dewasa atau tetap. Oleh karenanya budaya menggosok gigi secara teratur dan benar harus di mulai sedini mungkin pada anak-anak.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda, silahkan tinggalkan komentar