Sunday, August 16, 2015

Penyebab bau mulut

Setelah kita membahas dampak apa saja yang bisa di alami oleh penderita penyakit bau mulut, tentunya kurang lengkap jika kita tak mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya bau mulut.

Berikut ini 9 penyebab bau mulut :
  1. Kurang minum air adalah salah satu penyebab masalah bau mulut, karena ketika konsumsi air di dalam tubuh kita kurang akan menyebabkan mulut kita cepat kering dan bau. Hal inilah yang menyebabkan setiap bangun tidur di pagi hari bau mulut kita menjadi tidak sedap. Jadi minum air secukupnya sesuai kebutuhan tubuh anda.
  2. Makanan dengan aroma menyengat menjadi penyebab terjadinya bau mulut, seperti jengkol, ikan, terasi, petis, durian, bawah putih dan sebagainya. Tidak hanya mulut kita yang bau, bahkan air seni kita bisa menjadi bau jika kita mengkonsumsi pete terlalu banyak.
  3. Gula dan keju juga merupakan makanan yang di gemari oleh bakteri penyebab bau mulut, kandungan protein dalam makanan tersenyum adalah hidangan istimewa bagi mereka.
  4. Kopi dan rokok merupakan satu kesatuan yang paling banyak di gemari oleh para laki-laki. Bahan kimia pada rokok dan aroma kopi yang tajam bisa menyebabkan terjadinya bau mulut. Untuk itu segeralah sikat gigi sehabis merokok atau minum kopi agar anda terhindar dari bau mulut.
  5. Alkohol, minuman yang mengandung alkohol selain berbahaya bagi  tubuh, juga bisa mengurangi produksi air liur, sehingga mulut menjadi kering dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Menghindari minuman beralkohol selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh juga menghindarkan kita dari bau mulut.
  6. Gangguan pada saluran cerna seperti usus bisa menyebabkan bau mulut kita tidak enak, terutama kalau kita sedang bersendawa.
  7. Apakah anda mengetahui tentang Bakteri Anaerobe? Berikut ini beberapa hal tentang bakteri tersebut :
-          Bakteri anaerobe adalah bakteri yang normal berada di dalam mulut yang berfungsi untuk membantu proses percernaan makanan.
-          Bakteri ini merupakan penghasil senyawa belerang yang hidup dalam mulut.
-          Bakteri Anerobe tidak dapat dimusnahkan.
-          Bakteri ini tidak memiliki sifat menular.
-          Hidupnya pada tempat yang tidak mengandung oksigen.
-          Tempat berkembang biaknya di dalam rongga –rongga sempit yang tidak terjangkau air ludah yang mengandung oksigen, seperti pada gigi berlubang, gusi yang mengalami peradangan, celah halus pada lidah dan tempat-tempat lainnya.
-          Jumlahnya akan meningkat pada saat mulut kering, karena saat itu kondisi mulut sedang kekurangan oksigen sehingga bakteri dapat dengan mudah berkembang biak.
  1. Terdapat beberapa penyakit yang bisa menyebabkan terjadinya bau mulut seperti infeksi saluran nafas, gangguan ginjal, diabetes, dan penyakit peradangan gusi serta banyak lagi penyakit yang dapat memicu terjadinya bau mulut.
  2. Adanya kelainan pada organ tubuh yang pada umumnya terjadi pada rongga mulut, tenggorokan, telinga, hidung dan saluran pernafasan atau saluran pencernaan.
Baca juga :  Cara mencegah bau mulut

Yang menjadi pertanyaan dalam benak pembaca setelah mengetahui penyebab-penyebab terjadinya bau mulut adalah apa sajakah tips mencegah bau mulut ? Bagaimana cara mengatasi bau mulut ? Cara menghilangkan bau  mulut secara alami ? Cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang ? Pada artikel-artikel selanjutnya saya akan coba mengulasnya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda, silahkan tinggalkan komentar