Wednesday, August 26, 2015

Cara mencegah bau mulut



Cara menghilangkan bau mulut tak sedap dengan cara mencegah penyebabnya.
Siapapun orangnya pasti tidak suka dengan bau mulutnya sendiri apalagi bau mulut orang lain di sebelahnya. Ketika menderita bau mulut, kita tidak boleh menganggapnya remeh karena seperti pada artikel saya sebelumnya, bau mulut bisa mengakibatkan kita tidak percaya diri, di jauhi oleh rekan-rekan kantor bahkan di benci, dan kemudian juga mengganggu aktivitas kerja kita dan berdampak pada tidak tecapainya target pekerjaan kita. Menceha lebih baik daripada mengobati, untuk menghindari bau mulut, berikut ini tips sederhana mencegah bau mulut.
 Tips-tips mencegah bau mulut :
1.       Mengunyah permen karet tanpa gula yang menggunakan pemanis xylitol.
Sebenarnya fungsi dari mengunyah permen karet ini adalah untuk meningkatkan produksi air liur atau saliva yang mana saliva adalah senjata paling ampuh untuk membersihkan mulut dari bakteri dan menghilangkan bau nafas yang tidak sedap. Pemanis xylitol dalam permen karet tersebut selain bisa meninggkatkan produksi saliva juga mampu menekan pertumbuhan bakteri dalam mulut.
2.       Tidak memakan makanan yang berbau menyengat.
Makanan seperti pete, durian atau jengkol memiliki penggemar tersendiri, karena rasanya yang khas sehingga tidak semua yang menggemari makanan ini yang bisa menghindarinya. Oleh karena itu jika sudah terlanjur makan, maka segera menyikat gigi dengan pasta gigi adalah cara yang bijaksana untuk menghilangkan bau  mulut akibat makanan tersebut. Dan kita jadi aman ngobrol bersama orang lain.
3.       Menghindari makanan yang lengket pada gigi.
Jenis makanan yang lengket pada gigi seperti es krim dan coklat jika menempel lama dan tidak  segera di bersihkan akan membusuk dan menyebabkan bau mulut.
Baca juga :  Makanan Pencegah bau mulut
4.       Membiasakan untuk minum air putih secara teratur dan cukup bisa menekan pertumbuhan bakteri pada mulut.
5.       Jika diperlukan menggunakan penyegar mulut atau mouthwash bisa menjadi solusi sementara saat kita harus segera menghilangkan bau mulut.
6.       Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menggosok gigi dan membersihkan lidah secara teratur merupakan faktor utama untuk mencegah penyakit bau mulut. Karena sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi akan membusuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap.
7.       Periksa ke dokter jika masalah bau mulut tidak kunjung menghilang. Gigi berlubang, gigi busuk dan infeksi pada gusi bisa menjadi faktor yang perlu penanganan khusus dari dokter gigi. Bau mulut juga merupakan indikasi adanya masalah kesehatan yang lebih serius pada organ dalam.
Demikian tadi tips mencegah bau mulut, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda, silahkan tinggalkan komentar