Monday, June 29, 2015

Cara merawat kulit agar tidak kering dan kusam



Di musim pancaroba seperti saat ini dimana cuaca tidak menentu terkadang matahari terasa sangat terik tetapi kemudian tiba-tiba datang mendung yang diikuti oleh hujan. Keadaan seperti ini membuat kulit kita menjadi tidak nyaman. Kulit menjadi kering dan terlihat bersisik, kasar dan kusam. Hal ini di sebabkan oleh banyak faktor, terlalu sering mandi dengan menggosokan langsung sabun batang ke kulit bisa menjadi salah satu penyebanya. Pada jenis kulit kering sering mengalami dehidrasi atau kekurangan air dan lebih mudah mengalami vlek coklat dan keriput sebagai akibat dari sedikitnya lemak sebum yang di keluarkan oleh kelenjar sebasea sehingga kulit lebih mudah kehilangan kadar air karena penguapan yang meningkat.
Berikut ini tips-tips agar kulit tidak kering :
1.       Hindari terlalu sering terpapar sinar matahari  dan AC secara langsung.
2.       Untuk menjaga kulit tangan dari kekeringan gunakanlah sarung tangan atau sejenisnya jika akan melakukan kontak langsung dengan deterjen seperti mencuci.
3.       Minum air putih yang cukup serta mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran segar akan membantu anda terhindar dari dehidrasi yang menyebakan kulit nampak kering dan keriput.
4.       Lakukanlah olahraga yang teratur untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh yang berfungsi mensuplai nutrisi ke seluruh tubuh termasuk kulit.
5.       Menggunakan air hangat saat mandi lebih baik daripada air dingin atau panas.
6.       Pilihlah sabun dengan formula yang lembut bagi kulit, biasanya sabun ini banyak di gunakan untuk bayi.
7.       Hindari mandi berkali-kali dalam sehari, beberapa ahli menyarankan untuk mandi sehari dua kali saja.
8.       Gunakan pelembab atau lotion yang bagus untuk kulit anda, karena jika salah memilih pelembab justru akan menyumbat pori-pori kulit dan membuat kuli nampak kusam.

Artikel terkait :  Kulit berminyak dan cara mengatasinya

Demikian tadi beberapa tips yang kami berikan untuk menghindarkan kulit dari kekeringan semoga bermanfaat bagi anda untuk menciptakan kulit yang sehat dan tidak kering. Sekarang bagaimana cara mengatasi kulit yang sudah terlanjur kering dan bersisik serta vitamin apa yang cocok untuk kulit?
Cara mengatasi kulit kering dan bersisik :
1.       Mengoleskan minyak zaitun murni pada malam hari sebelum tidur dan lakukan secara teratur. Minyak zaitun ini juga bisa digunakan untuk tumit yang terasa kasar dan sedikit pecah-pecah dan biasanya cepat sekali kelihatan hasilnya.
2.       Mencampur sabun mandi cair dengan cairan soft gel vitamen E atau Madu.
3.       Menggunakan lotion pada badan segera setelah mandi dengan air hangat. Jadi kulit masih dalam keadaan lembab sehingga lebih mudah meresap.
4.       Konsultasikan ke dokter spesialis kulit pada jenis kulit yang sangat kering dan teras gatal-gatal, karena bisa jadi kulit alergi dengan lotion tertentu sehingga butuh penanganan khusus.
 Sekian saja beberapa tips menghindari kulit dan cara mengatasi kulit kering, selamat mencoba dan semoga berhasil!.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda, silahkan tinggalkan komentar