Monday, June 29, 2015

Kulit berminyak dan cara mengatasinya



Salah satu masalah kulit yang di hadapi sebagian orang adalah jenis kulit berminyak dengan penampakan kulit yang terlihat berminyak dan kusam. Menurut para ahli penyebab masalah kuit berminyak adalah faktor genetika atau keturunan yakni terdapatnya kelenjar sebasea dan kelenjar keringat dalam jumlah yang banyak dan pola makan yang terlalu banyak gula, cairan dan garam yang memberi kontribusi pada masalah kulit berminyak.
Kelenjar sebasea merupakan kelenjar yang menghasilkan sebum atau minyak dibawah kulit yang berfungsi menjaga kelembapan kulit, akan tetapi jika jumlah kelenjar tersebut terlalu banyak dan menghasilkan sebum yang berlebih dapat menyumbat pori-pori  kulit yang mengakibatkan kulit berjerawat.

Beberapa faktor lain yang diketahui sebagai penyebab masalah kulit berminyak adalah kosmetik dan kelembapan udara yang terlalu panas.
Masalah yang sering terjadi pada kulit berminyak ini adalah timbulnya jerawat pada wajah sebagai akibat dari ulah bakteri Propionibacteri acnes yang mengubah sebum dari bentuk cair ke bentuk padat sehingga menyumbat pori-pori kulit.
Berikut ini cara merawat dan menghilangkan kulit berminyak :
  1. Menghindari sabun muka yang menyebabkan kulit justru menjadi kering karena hilangnya minyak. Hilangnya sebum atau minyak tidak hanya menyebabkan kulit menjadi kering saja tetapi di beberapa kasus pemakaian sabun muka yang tidak bagus menyebabkan kulit menjadi bersisik dan terasa gatal. Baca juga : Cara merawat kulit agar tidak kering dan kusam
  2. Menggunakan sabun muka yang berbahan dasar alami seperti alpukat, minyak zaitun atau almond dan yang tidak mengandung alkohol karena semua bahan alami tersebut memiliki fungsi penyerapan dan membantu peremajaan kulit. Penting di perhatikan untuk tidak menggosok wajah secara berlebihan karena hal ini bisa menghilangkan minyak secara berlebihan, lakukan gerakan lembut dan memutar saat membersihkan wajah dengan sabun muka yang lembut.
  3. Mencuci wajah memang merupakan cara yang paling mudah untuk menghilangkan minyak, tetapi jika sering diilakukan hal ini akan menyebabkan terjadinya Reactive Seborrhea, yakni suatu kondisi yang merangsang kelenjar sebaceous untuk bekerja secara berlebihan dan bisa menyebabkan gagal fungsi di masa mendatang. Cukup sekali saja dalam sehari mencuci wajah dengan menggunakan sabun muka yang lembut sudah mampu mengurangi minyak berlebih pada wajah.
  4. Gunakan pelembab kulit berminyak yang yang sesuai dengan jenis kulit anda.
  5. Selain perawatan di atas yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan diet makanan berlemak seperti gorengan dan santan yang berguna untuk mengatasi kulit berminyak. Menjaga pola makan sehat serta berolahraga secara teratur.
Pada dasarnya perawatan terhadap kulit berminyak adalah sebuah usaha untuk mengontrol jumlah minyak atau sebum yang di keluarkan oleh kelenjar sebasea sesuai dengan kebutuhan kulit, sehingga kulit tetap terjaga kelembapannya. Sebum dan keringat bermanfaat  untuk menjaga kelembapan dan  mempertahankan tingkat keasaman kulit yang biasa di sebut dengan PH kulit pada skala 4 sampai dengan 5 untuk menghambat kuman berkembang biak..
Demikian tips cara merawat kulit berminyak semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Salam sehat.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda, silahkan tinggalkan komentar