Friday, September 4, 2015

Tips mencegah gigi berlubang pada anak


Gigi Susu  
Gigi susu pada anak adalah gigi yang keluar pertama kali atau sementara yang tumbuh sebelum di susul oleh gigi dewasa. Tak jarang gigi anak tumbuh berlapis karena kesalahan pada penanganan gigi susu. Fungsi dari gigi susu ini adalah menuntun tumbuhnya gigi dewasa agar munculnya gigi dewasa ini bisa teratur, jadi pada usia tertentu gigi susu akan tanggal seiring dengan mulai munculnya gigi dewasa. Struktur gigi susu lebih rentan atau tidak sekuat gigi dewasa oleh karena itu perawatan gigi susu harus lebih intensif.
Mencegah gigi anak keropos dan berlubang

Kebiasaan minum susu botol dengan tidur menyebabkan air susu yang manis merendam gigi terlalu lama sehingga gigi rentan mengalami kerusakan. Kebiasaan seperti walaupun terasa nyaman bagi anak tetapi harus di tinggalkan untuk mencegah gigi keropos dan berlubang. 




Biasakan menggosok gigi minimal 2 kali sehari jika gigi pada anak sudah mulai tumbuh semakin banyak. Pada anak-anak menggosok gigi bisa menjadi aktivitas yang tidak di sukai sehingga orang tua harus sabar untuk terus melatihnya membiasakan diri menggosok gigi. Menemaninya saat sikat gigi atau sikat gigi bersama-sama bisa menjadi satu hal yang menyenangkan bagi anak sehingga kebiasaan menyikat gigi jadi lebih mudah di tanamkan.

 Mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi berkunjunglah ke dokter gigi 6 bulan sekali untuk mengecek kondisi gigi anak baik ada keluhan ataupun tidak. Hal ini juga penting untuk membangun mental anak berhadapan dengan dokter, karena pada umumnya dokter menjadi momok yang menakutkan bagi anak-anak.

4 comments:

  1. co.id potensi iklan tidak bisa tampil

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah artikelnya bagus pak buat tambahan ilmu ni bisa buat beljar dirumah

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah artikelnya bagus pak buat tambahan ilmu ni bisa buat beljar dirumah

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah artikelnya bagus pak buat tambahan ilmu ni bisa buat beljar dirumah

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungan anda, silahkan tinggalkan komentar