Wednesday, August 26, 2015

Bagaimana cara mengatasi bau mulut saat puasa?



Bukan rahasia umum lagi saat berpuasa mulut kita menjadi bau, hal ini di sebabkan selama kurang lebih 13,5 jam tidak adanya aktivitas mengunyah dalam mulut, sehingga tidak ada air liur yang keluar. Kekeringan oleh air liur inilah yang kemudian menjadi tempat yang subur bagi bakteri anaerobe untuk berkembang biak. Lalu bagaimana  caranya agar mulut tidak bau saat berpuasa ? Berikut ini beberapa tips agar mulut tidak bau saat puasa :

  1. Makanlah sayur dan buah-buahan saat sahur dan berbuka puasa, karena kandungan air dalam sayur dan buah dapat menjaga kebutuhan air liur dalam mulut saat mengalami kekeringan.
  2. Jangan merokok baik saat berbuka maupun saat sahur, apalagi tidak menggosok gigi setelahnya.
  3. Minum air putih minimal delapan gelas sehari, bisa anda atur dua gelas saat berbuka, empat gelas pada malam hari dan dua gelas lagi saat santap sahur. Seperti halnya buah dan sayuran, minum air putih yang cukup juga membantu menjaga tubuh kita akan kebutuhan air pada siang harinya saat berpuasa.
  4. Rutin menggosok gigi dan membersihakn lidah 3 kali sehari saat berpuasa. Dilakukan setelah berbuka, pada malam hari menjelang tidur dan di pagi hari setelah makan sahur.Hal ini sangat efektif untuk menjaga mulut dari bau yang tidak sedap sebagai akibat sisa-sisa makan yang masih ada di sela-sela gigi.
  5. Melakukan flossing atau benang gigi juga sangat di sarankan untuk membersihkan sisa makanan yang tidak bisa di jangkau oleh sikat gigi. Kebersihan mulut dari sisa makanan adalah hal penting yang harus di jaga untuk menghindari bau mulut saat puasa, apalagi selama seharian tidak ada aktivitas kunyah pada mulut kita.
Baca juga :  Penyebab bau mulut
          
Demikian tadi cara mencegah bau mulut dibulan puasa, semoga membantu anda mengatasi bau tidak sedap selama berpuasa sehingga anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan lebih khusuk karena tidak terganggu lagi dengan masalah bau mulut anda. Semoga artikel tips mencegah bau mulut saat puasa ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda, silahkan tinggalkan komentar